Thursday, February 20, 2014

on

Seminar Tiga Bahasa di SMAN 110

Pada 6 Februari 2014 lalu, SMAN 110 Jakarta kedatangan tamu-tamu spesial yang membawakan tiga unsur kebudayaan yang berbeda yakni; Bahasa Inggris, Jepang, dan Turki. Kedatangan mereka merupakan rangkaian acara seminar multibahasa yang diadakan di SMA Negeri 110 Jakarta. Acara ini dihadiri oleh guru bahasa dan siswa SMA Negeri 110.

Mengusung tema "Reach Your Dream by Languages", acara ini diisi oleh para pembicara asal (native speaker) yang kompeten di bidangnya masing-masing. Seminar ini sendiri dibagi ke dalam tiga sesi, dibuka oleh Miss Marissa Marcella (China), Miss Marry (Jepang), dan rekan-rekan yang membawakan tema "Life is Choice and Never Mind Bully". Miss Marissa Marcella memberikan tips bagaimana cara memilih hidup yang benar ketika remaja dan memberikan saran kepada para remaja agar tidak menanggapi “bully”.

seminar 3 bahasa sma 110

Sesi kedua dilanjutkan oleh Komara Mulia, yang juga merupakan dosen di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Beliau banyak menceritakan pengalaman hidupnya selama tinggal di Jepang, dan memberikan berbagai tips kepada para siswa seputar cara untuk mendapatkan beasiswa ke Jepang.

Melanjutkan Komara Mulia, sesi ketiga dari acara seminar diisi oleh Bulan Andy Wiguna, yang merupakan alumni Fatih University of Turkey yang terletak di istanbul. Acara berlangsung cukup hangat karena Andy menyampaikan hal-hal seputar beasiswa di Turki, atau bahasa turkinya disebut "buslarlari".

Acara ini sendiri diketuai oleh Sapnah Rahmawati, siswa kelas XII IPB tahun ajaran 2013-2014. Adapun pembina acara adalah guru bahasa di SMA 110, yaitu Ibu Diana Kasih (guru Bahasa Indonesia), Ibu Sri Budianingsih (guru Bahasa Inggris), dan Siti Halimah (guru Bahasa Jepang). Sebelum seminar dimulai, sebuah prolog disampaikan oleh perwakilan dari masing-masing tingkat kelas, yaitu Raffi (10 bahasa), Oshiin Mega Bintang (11 bahasa), dan Sapnah Rahmawati (12 bahasa).

sambutan kepala sekolah sma 110

Dalam sambutan pembukaan, Kepala Sekolah SMA Negeri 110, Bapak H. Suharsono, menjelaskan bahwa memiliki keahlian berbahasa berarti menambah kecakapan hidup seseorang. Tentunya kecakapan tersebut akan berguna bagi dirinya, terutama dalam menyongsong era global dewasa ini. Selanjutnya beliau juga berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus diadakan tiap tahun di SMA Negeri 110.