Monday, August 18, 2008

on

HUT ke-63 Republik Indonesia

Makna 17 Agustus adalah untuk mengingat kembali bagaimana negara ini bisa bangkit dari penindasan kolonialisme menuju bentuk suatu negara yang memiliki kedaulatannya sendiri. Di samping untuk mengenang jasa para pahlawan yang dulu telah berjuang, perayaan 17 Agustus dapat pula sebagai bentuk rasa syukur dan ucapan terima kasih pada Tuhan yang Maha Esa.

Kita memang telah lepas dari penjajahan fisik, tapi sebenarnya belum sepenuhnya merdeka. Kita masih tergantung pada kekuatan ekonomi negara lain dan memiliki kebijakan politik luar negeri yang lemah di mata negara lain. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengakui kelemahannya dan mengambil evaluasi dari hal tersebut.

Oleh karenanya kita sebagai generasi penerus bangsa, mengemban tanggung jawab untuk membangun Indonesia agar lebih baik, maju, dan berdaulat. Tentunya hal itu tidak akan mungkin terlaksana tanpa adanya rasa solidaritas antarsesama yang tinggi, tanpa membedakan agama, suku, dan ekonomi. Negara ini merdeka dan berjuang karena ada rasa persatuan.

Sekali lagi, pekikkan kata MERDEKA!!!!!