Tuesday, November 27, 2018

on

Perjusa Kelas XI Tahun 2018

Sebagai salah satu upaya memberikan pengalaman dalam kegiatan kepramukaan bagi para siswa, SMAN 110 mengadakan acara perkemahan Jumat-Sabtu yang dilaksanakan pada 23-24 November 2018. Pada kegiatan kali ini, rombongan yang mendapat kesempatan adalah siswa kelas XI.


Ada beberapa tantangan dalam kegiatan perjusa kali ini, walau kita sempat melaksanakan upacara pembukaan. Hujan yang deras disusul pula dengan matinya listrik membuat pelaksanaan Perjusa menjadi melenceng dari jadwal. Akhirnya, kegiatan dilaksanakan di ruang-ruang kelas dan Masjid SMAN 110 Miftahul Ulum.

Untunglah, listrik kembali menyala setelah padam selama 3 jam. Jadwal kembali disusun dan akhirnya pelaksanaan api unggun dapat dilakukan di lapangan samping Hutan Sekolah. Walau kayu-kayu bakar sempat basah, para pembina pramuka berhasil menyalakan api tersebut.

Di pagi hari, acara Perjusa dimulai dengan shalat Shubuh berjamaah. Setelah itu, para siswa melakukan olahraga pagi di lapangan dalam yang dilanjutkan dengan secara bersama-sama sarapan di lapangan. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan bersih-bersih. Tepat pukul 08.00, dilaksanakan kegiatan upacara penutupan Perjusa hingga selesai dan para siswa diperbolehkan kembali pulang ke rumah masing-masing.

Foto-foto kegiatan lebih lengkap dapat dilihat di tautan berikut:
https://www.facebook.com/pg/sma110/photos/?tab=album&album_id=1908990555816849