Monday, April 10, 2023

on
Guru mata pelajaran Agama Islam dari SMA Negeri 110 Jakarta, Bapak Alfert Ferdinand Donggala, S.Pd.I., M.Pd. menjadi keynote speaker dalam event webinar Makin Cakap Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada Hari Selasa, tanggal 11 April 2023 dan diikuti oleh para guru dan siswa di wilayah Jakarta, Banten dan sekitarnya.

Dalam kesempatan itu, Bapak Albert Ferdinand mengatakan bahwa etika bermedia digital dipandang penting sebagai pengetahuan dan pemahaman dasar dalam literasi digital, sehubungan dengan kaburnya wawasan kebangsaan, menipisnya kesopanan dan kesantunan, serta menghilangnya budaya Indonesia. Ini karena media digital lebih dominan menjadi panggung bagi budaya asing. Setiap warga digital berpartisipasi dalam berbagai hubungan dengan banyak orang melintasi batas geografis dan budaya.

Tema yang diangkat dalam acara ini adalah "Etika Pelajar di Dunia Digital". Selain Bapak Albert Ferdinand, turut hadir pula sejumlah pembicara yang ahli di bidangnya, seperti Bapak Aldy Tri Wahyudi Relawan TIK Kalimantan Bara, Bapak Akhmad Rofahan selaku Jurnalis Medcom.id, dan Ibu Ginna Desiana Pengurus RTIK Jawa Barat. Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website literasidigital.id dan IG @literasidigitalkominfo.