Tuesday, March 26, 2024

on

Pesantren Ramadan 2024

Di bulan Ramadhan yang mulia tahun 2024 ini, SMA Negeri 110 Jakarta dan siswa anggota kegiatan ekstrakurikuler Rohis melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan yang dilaksanakam pada tanggal 25 s.d. 27 Maret 2024. Kegiatan ini sendiri adalah upaya untuk merayakan sekaligus beraktivitas positif di bulan Ramadan. Adapun pesertanya adalah siswa/siswi dari kelas 10 yang beragama Islam.

Kegiatan ini bukan hanya sekedar merayakan, namun menambah wawasan dan menumbuhkan nilai keagamaan dalam diri siswa. Berbagai kegiatan disusun untuk menarik perhatian, agar mendapat sambutan dan pengalaman yang unik dari mereka.Kegiatan dibuka dengan sari tilawah dan paparan sambutan dari Ketua pelaksana, Pembina Rohis, Wakil Kepala Sekolah, dan Kepala Sekolah sekaligus membuka acara.

Di hari pertama, para siswa menonton film islami yang diharapkan dapat menjadi motivasi bagi siswa. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemberian materi "Fiqih Shaum" oleh para narasumber. Di hari kedua, siswa mendapat materi mengenai Kaligrafi agar dapat mengasah kreativitas siswa. Setelah itu, siswa mendapat materi "Fiqih Shalat" yang disampaikan oleh para narasumber.

Pada hari terakhir, kegiatan dimulai dengan acara hiburan penampilan shalawat (hadrah) dan penampilan dari perwakilan masing-masing kelas. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemberian materi "Akhlak Penentu Kemuliaan Manusia" oleh para narasumber. Terakhir, diadakan acara penutupan kegiatan Pesantren Ramadan sebagai tanda bahwa seluruh rangkaian acara telah berakhir.

Total enam orang narasumber dihadirkan dalam kegiatan pesantren Ramadhan kali ini. Mereka adalah Bapak Abdul Halim HF, M.Pd., Bapak Aria Fariska, Bapak Drs. H. Mudjahid Halim, Bapak Zamroni, S.Pd., Ibu Jannatul Ma'wah, S.Pd., Ibu Tri Widhianingsih, S.Pd. Kegiatan ini berlangsung di berbagai tempat di wilayah sekolah, seperti area hutan jati, ruang kelas, dan Masjid sekolah.