Saturday, October 5, 2024

on

Kegiatan Tafakur Alam 2024

Tim anggota ekstrakurikuler (Ekskul) Rohani Islam (Rohis) SMA Negeri 110 Jakarta melaksanakan kegiatan tafakur alam (TA) pada Hari Jumat dan Sabtu, tanggal 4 dan 5 Oktober 2024. Acara berlangsung di berbagai area di sekolah, seperti ruang-ruang kelas, lapangan, masjid, dan hutan jati. Acara diisi dengan berbagai kegiatan positif, seperti materi keagamaan dan kepemimpinan, salat berjamaah, salat malam dan membaca Al Maksurat, serta berbagai aktivitas games seru.
Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Pembina Ekskul Rohis Bapak Drs. Edi Mawardi dan Alfian Adam selaku Ketua Panitia Siswa di Masjid Miftahul Ulum (Masjid Sekolah). Selanjutnya, Kepala Sekolah Bapak Sriyono, M.Pd., M.Si., M.A.. dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Ibu Heni Irmawati, S.E. memberikan arahan-arahan sekaligus membuka acara TA. Adapun berbagai pemateri dalam kegiatan ini berasal dari alumni.
Read more ...

Friday, October 4, 2024

on

Workshop Penyusunan Modul Ajar dan Implementasi Model Pembelajaran Kurikulum Merdeka 2024 (Lanjutan)

Pada Hari Jumat, tanggal 4 Oktober 2024, SMA Negeri 110 Jakarta melaksanakan kegiatan workshop Penyusunan Modul Ajar dan Implementasi Model Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Acara berlangsung di ruang aula dan diikuti oleh semua guru mapel di sekolah, mulai dari pukul 13.00 WIB s.d. selesai. Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini Bapak Dr. Didang Setiawan, M.Pd. yang juga merupakan Tim Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DKI Jakarta. Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Kepala Sekolah Bapak Sriyono, M.Pd., M.Si., M.A. dan dilanjutkan dengan paparan materi oleh Bapak Didang yang melanjutkan paparan materi Implementasi Model Kurikulum Merdeka.
Read more ...
on

Pemilihan OSIS dan MPK Tahun 2024

Kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan di sekolah. Dua tahun yang lalu, kegiatan ini terintegrasi dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Selain pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS, kegiatan ini bersamaan pula dengan pemilihan ketua MPK.

Pemilihan ketua OSIS tidak serta-merta berlangsung begitu saja, namun telah melalui berbagai rangkaian kegiatan. Kegiatan dimulai dengan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), disusul dengan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS (LDKO). Selanjutnya, diadakan wawancara untuk menyeleksi bakal calon OSIS dan MPK.

Setelah didapat nama-nama siswa yang akan menjadi calon, ditentukan pula waktu kampanye ke kelas-kelas dan juga ruang guru. Selain itu, kampanye yang dilakukan juga melibatkan aspek digital (media sosial), cetak (penempelan di mading), serta orasi dari masing-masing calon yang berlangsung di area lapangan dalam sekolah.

Di hari puncak, Jumat 4 Oktober 2024, pemilihan dilakukan di area lapangan dalam sekolah. Berbeda dengan tahun lalu, untuk pertama kalinya pemilihan OSIS dan MPK dilaksanakan secara digital. Siswa memilih calon di bilik suara yang sudah disiapkan, namun di sana mereka tidak mencoblos melainkan memilih calon pada perangkat tablet.

Sebelumnya, berbagai logistik pemilu telah disiapkan, seperti penyiapan daftar hadir pemilih, persiapan bilik suara dan perangkat tablet, serta bak tinta tanda sudah memilih. Kemudian, karena berlangsung secara digital, di akhir waktu pemilihan, acara langsung dilanjutkan dengan pengumuman Ketua dan Wakil Ketua OSIS terpilih.


Read more ...
on

Alviolita (X-H) Juara 1 Kyorugi Tingkat Nasional Ajang CNN Indonesia Taekwondo Championship Piala Menpora 2024

Kejuaraan CNN Indonesia Taekwondo Championship Piala Menpora 2024 telah dimulai di GOR Ciracas Jakarta Timur pada Hari Kamis tanggal 3 Oktober 2024. Total 500 pertandingan digelar dari berbagai kategori dan alhamdulillah, puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Alviolita Cahya Rusinta dari kelas X-H tahun pelajaran 2024-2025 berhasil meraih predikat Juara 1 Kyorugi Tingkat Nasional.
Read more ...

Thursday, October 3, 2024

on

Prestasi dalam Kejuaraan Atletik Bulanan Oktober 2024

Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, siswa SMA Negeri 110 Jakarta berhasil meraih prestasi yang membanggakan dalam ajang Kejuaraan Atletik Pelajar Bulanan Kota Administrasi Jakarta Utara pada Oktober 2024 yang diselenggarakan oleh Sudin Pemuda dan Olahraga Jakarta Utara. Acara berlangsung di GOR Rawamangun, Jakarta Timur, pada Hari Kamis, tanggal 3 Oktober 2024. Pada kesempatan kali ini, prestasi yang berhasil diraih adalah sebagai berikut:
  1. Dita Rahmawati Sangaji, Juara 3 lari 100 meter putri U20
  2. Adelia Kristina Malabessy, Juara 1 lari 100 meter putri U18
  3. Daniel Corinthians Aritonang, Juara 2 lari 80 meter putra U16


Read more ...
on

SMA 110 Raih Juara Harapan 2 dalam Ajang Apresiasi dan Kompetisi Seni Bagi Pelajar se-Jakarta Utara 2024

Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, SMA Negeri 110 Jakarta berhasil meraih predikat Juara Harapan 2 dalam ajang Apresiasi dan Kompetisi Seni Bagi Pelajar se-Jakarta Utara 2024 yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Utara pada tanggal 30 September s.d. 3 Oktober 2024. Kegiatan ini sendiri berlangsung di Gedung Aki Tirem, Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSB) Jakarta Utara.
Read more ...