Friday, October 4, 2024

on

Pemilihan OSIS dan MPK Tahun 2024

Kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan di sekolah. Dua tahun yang lalu, kegiatan ini terintegrasi dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Selain pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS, kegiatan ini bersamaan pula dengan pemilihan ketua MPK.

Pemilihan ketua OSIS tidak serta-merta berlangsung begitu saja, namun telah melalui berbagai rangkaian kegiatan. Kegiatan dimulai dengan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), disusul dengan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS (LDKO). Selanjutnya, diadakan wawancara untuk menyeleksi bakal calon OSIS dan MPK.

Setelah didapat nama-nama siswa yang akan menjadi calon, ditentukan pula waktu kampanye ke kelas-kelas dan juga ruang guru. Selain itu, kampanye yang dilakukan juga melibatkan aspek digital (media sosial), cetak (penempelan di mading), serta orasi dari masing-masing calon yang berlangsung di area lapangan dalam sekolah.

Di hari puncak, Jumat 4 Oktober 2024, pemilihan dilakukan di area lapangan dalam sekolah. Berbeda dengan tahun lalu, untuk pertama kalinya pemilihan OSIS dan MPK dilaksanakan secara digital. Siswa memilih calon di bilik suara yang sudah disiapkan, namun di sana mereka tidak mencoblos melainkan memilih calon pada perangkat tablet.

Sebelumnya, berbagai logistik pemilu telah disiapkan, seperti penyiapan daftar hadir pemilih, persiapan bilik suara dan perangkat tablet, serta bak tinta tanda sudah memilih. Kemudian, karena berlangsung secara digital, di akhir waktu pemilihan, acara langsung dilanjutkan dengan pengumuman Ketua dan Wakil Ketua OSIS terpilih.