Monday, December 4, 2023

on

Pelaksanaan P5: Kami Bangga Menjadi Pelajar SMA 110 dan Siap Mewujudkan Sekolah Adiwiyata yang Sehat

Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kali ini mengangkat tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan judul projek: "Kami Bangga Menjadi Pelajar SMA 110 dan Siap Mewujudkan Sekolah Adiwiyata yang Sehat". Adapun capaian pembelajaran dalam kegiatan P5 ini adalah: Mewujudkan peserta didik yang mandiri, kreatif dan memiliki kemampuan bergotong royong melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Gaya Hidup Berkelanjutan). Adapun dimensi yang disasar kepada para siswa adalah Bergotong royong, Mandiri, dan Kreatif.
Pelaksanaan projek kali ini merupakan pengembangan dari tahun sebelumnya, di mana cakupan area kerja tidak hanya kepada pemeliharaan di areal hutan sekolah, tapi sudah mencakup ekosistem sekolah secara keseluruhan. Hal yang dilakukan dalam projek ini adalah membuat produk hasil dari hutan dengan mendaur ulang sampah organik menjadi pupuk (komposting), memberi label pada tanaman untuk selanjutnya dibuatkan kode QR yang berisi info detail mengenai tanaman, serta membuat produk komunikatif terkait kegiatan yang sudah dilakukan dalam bentuk cetak dan digital.
Kegiatan dimulai dengan pengenalan/sosialisasi projek, di mana siswa diajak untuk mengenali dan membangun kesadaran terhadap tema yang dipelajari. Selanjutnya, dibuatkan pengaturan kelompok dan pembimbing, serta menentukan berbagai produk yang akan dikerjakan oleh masing-masing kelompok. Setelah itu, para siswa mendapat bimbingan teknis mengenai informasi pembuatan produk sekaligus diajak untuk menggali permasalahan di lingkungan sekitar yang terkait dengan topik pembahasan. Terakhir, siswa membuat produk dan diberikan penilaian oleh guru pembimbing dan penguji.