Thursday, December 8, 2022

on

Pelaksanaan P5: Digitalisasi Lagu Wajib Nasional dan Daerah Khas Betawi

Program penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 110 Jakarta memasuki bagian akhir pada semester ganjil tahun pembelajaran 2022/2023. Projek kali ini mengangkat tema Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI. Adapun judul sebagai implementasi dalam projek ini adalah "Digitalisasi Lagu Wajib Nasional dan Daerah khas Betawi".

Lagu-lagu nasional yang dipilih untuk didigitalisasikan adalah:

  • Profil Pelajar Pancasila
  • Rayuan Pulau Kelapa
  • Hari Merdeka
  • Indonesia Jaya

Lagu khas betawi yang dipilih untuk didigitalisasikan adalah:

  • Kicir-kicir
  • Ondel-ondel
  • Sirih Kuning
  • Jali-jali

Projek ini dilaksanakan dalam beberapa tahap, dimulai dari menentukan lagu, membuat iringan musik, membagi lirik lagu untuk penyanyi, memadukan irama dan latihannya, kemudian dilanjutkan dengan proses rekaman. Dalam pelaksanaan rekaman beberapa siswa diberikan tugas pada lirik lagu yang berbeda kemudian disatukan.

Setelah proses rekaman selesai dilanjutkan dengan pembuatan video klipnya. Pembuatan video klip sebenarnya diarahkan oleh Kepala SMA Negeri 110 Bapak Sriyono, M.Pd., M.Si. agar menggunakan lokasi di sekolah atau lokasi luar namun dekat dengan sekolah, seperti hutan kota di Kelurahan Sukapura, RPTRA, atau lokasi lain yang juga sangat bersih dan indah.

Namun, pada pelaksanaannya para siswa berkeinginan untuk membuat hal yang lebih baik. Mereka menentukan lokasi pembuatan video klip di Ancol, Lapangan Banteng, Monas, Kota Tua, dan Kebun Raya Bogor sekaligus rekreasi. Hal ini dilakukan karena penuh kesadaran dan keikhlasan dalam pembiayaannya yang didukung dan dibantu orang tua siswa dalam hal transportasi mobil dan beberapa konsumsi sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah.

Projek ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kecintaan generasi muda pada lagu-lagu wajib nasional dan melestarikan lagu-lagu daerah khususnya khas Betawi. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini ingin membentuk para siswa untuk dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam dimensi kegotongroyongan, kemandirian, kreativitas, dan bernalar kritis.

Hasil Projek ini akan dibuat dalam bentuk album lagu dan dapat diakses di berbagai media untuk berbagi kebahagiaan dan berbagi praktik baik. Sebagai tindak lanjut suatu saat akan dilaksanakan projek dengan tema dan judul yang sama tetapi pada judul lagu yang berbeda.