Sunday, February 26, 2023

on

Pelepasan Sensei Ochiai Takashi

Pada Hari Senin, tanggal 27 Februari 2023, SMA Negeri 110 harus melepas Ochiai Takashi, guru penutus asli (native speaker) dari Jepang. Beliau tergabung dalam program Nihongo Partner, yang diselenggarakan oleh Japan Foundation dan sudah mengajar selama 7 (tujuh) bulan, yaitu dari Agustus 2022 s.d. Februari 2023.
Acara dibuka dengan penyampaian sepatah dua kata dalam Bahasa Jepang oleh siswa, Arya Dhiya Lesmana (XI IPS 3) dan Anisa Sherene (XII Bahasa). Dalam sambutannya, mereka merasa senang dengan kedatangan Takashi Sensei dan belajar dan mempraktikkan Budaya dan Bahasa Jepang dari penutur aslinya.

Dari kalangan guru, turut pula memberikan sambutan kesan dan pesan, Kepala Sekolah, Bapak Sriyono, M.Pd., M.Si. dan Bapak Fajar Hirbariadi, S.Pd. dan dilanjutkan dengan pemberian cindera mata sebagai tanda kenang-kenangan. Terakhir, Takashi Sensei juga memberikan sambutan dalam Bahasa Indonesia kepada para guru.

Dalam sambutannya, Takashi Sensei merasa senang berada di lingkungan sekolah dan berharap bisa lebih lama lagi di Indonesia, walau akhirnya waktu juga yang memisahkan. Selanjutnya, dia mengatakan bahwa dia siap membantu para siswa SMA Negeri 110 yang pergi ke Jepang untuk belajar dan beradaptasi.

Acara ditutup dengan pemberian door prize bagi para guru dan dibagikan dengan cara diundi. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama.