Tuesday, October 25, 2022

on

Mengomentari Judul Artikel: Materi Teks Editorial

Dua berita ini memiliki judul yang sangat berkaitan dan sangat mempengaruhi pembaca. Berita-berita tersebut memanfaatkan kejadian KDRT yang sedang heboh untuk menaikkan rating dengan memberikan judul komedi yang berbau infotaiment. Menurut saya Detik News memiliki cara yang cukup jitu dalam menarik perhatian pembaca dengan menerbitkan berita yang memiliki judul yang berhubungan dengan waktu terbit yang berdekatan.

Jika dibandingkan dengan berita yang serius seperti berita korupsi, kelaparan, atau berita yang berbau politik, mereka memiliki judul yang berbanding terbalik. Judul dari berita infotaiment biasanya akan lebih heboh, lebih berkomedi, seperti berita tadi yang menggunakan permainan kata "melesat-terpeleset". Hal tersebut dilakukan untuk menarik pembaca agar membaca berita mereka.

Sementara itu untuk berita dengan tema serius, judul yang dibuat langsung mengarah pada berita tanpa bumbu-bumbu sensasi, karena berita tersebut membawakan berita atau informasi yang memiliki manfaat baik secara langsung atau tidak langsung kepada masyarakat. Menurut saya, para penulis berita yang menerbitkan berita serius seharusnya bisa menggunakan permainan kata pada berita mereka untuk menarik perhatian pembaca.

Berita yang memiliki informasi mengedukasi tersebut harus tersampaikan dengan berbagai cara, termasuk permainan kata pada ilustrasi di atas. Adapun portal berita infotaiment harus bisa menyaring kembali berita yang akan mereka terbitkan, karena akan berdampak pada pengetahuan khalayak umum. Seharusnya mereka bisa lebih menerbitkan berita positif mengenai artis dibandingkan mengangkat isu privat artis yang seharusnya tidak diumbar ke khalayak umum.


 

Thyovania Sharon.S.
XII MIPA 3 (T.A. 2022-2023)