Wednesday, July 10, 2024

on

Kegiatan MPLS 2024

Setelah selesai proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri 110, kini tiba bagi para siswa kelas X yang sudah diterima untuk mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Pelaksanaan MPLS ini sendiri diatur dalam Permendikbud RI Nomor 18 Tahun 2016, di mana para siswa dikenalkan mengenai program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.
Di Hari Sabtu tanggal 6 Juli 2024 telah diadakan pula kegiatan Pra-MPLS bagi para siswa baru. Selanjutnya, MPLS berlangsung dari Hari Senin s.d. Rabu, tanggal 8 s.d. 10 Juli 2024. Di hari pertama, siswa mengikuti apel pembukaan dan dilanjutkan dengan pengenalan dewan guru. Setelah itu, mereka mendapat berbagai materi seputar kesehatan diri, lingkungan sekolah, kurikulum, dan tata tertib di sekolah. Acara ini mengambil tepat di hutan jati, ruang kelas, lapangan, dan masjid sekolah.
Di hari kedua, mereka dikenalkan dengan beberapa kegiatan pembiasaan di sekolah, yaitu senam pagi bersama dan menyantap bekal makanan sehat yang dibawa dari rumah. Pada kesempatan kali ini, Tim Puskesmas Tugu Selatan turut hadir ke sekolah memberikan materi mengenai kesehatan dan juga membagikan tablet tambah darah kepada para siswa. Di hari ketiga, para siswa mendapat suguhan demo dari tiap tim ekstrakurikuler yang ada di sekolah (basket, silat, paduan suara, dsb) dan diakhiri dengan apel penutupan.