Thursday, September 29, 2022

on

Kegiatan Rutin Salat Jumat di Masjid SMAN 110 Jakarta

Di SMA Negeri 110 terdapat masjid (Masjid Miftahul Ulum) yang sudah diresmikan penggunaannya oleh Pemerintah Kota Jakarta Utara. Dengan demikian, SMA Negeri 110 telah siap untuk melaksanakan Salat Jumat setiap minggunya di Hari Jumat. Apalagi, persyaratan kebutuhan jamaah juga sudah terpenuhi mengingat jumlah murid sudah cukup banyak, tanpa harus mengandalkan jamaah dari luar.


Walau begitu, di masa pandemi Covid-19 kemarin, kegiatan rutin Salat Jumat di sekolah sempat terhenti. Instruksi social distancing (pembatasan sosial dan menjaga jarak) dari pemerintah membuat kegiatan tatap muka antara guru dan siswa di sekolah terpaksa dihentikan. Secara otomatis kegiatan rutin Jumatan di SMA Negeri 110 terpaksa terhenti selamat hampir 3 (tiga) tahun.

Kini, kegiatan belajar mengajar (KBM) sudah berlangsung tatap muka secara penuh. Status pandemi Covid-19 perlahan mulai dihapuskan. Kegiatan Salat Jumat pun sudah berlangsung secara rutin sejak akhir Juli 2022 lalu dan diikuti oleh seluruh siswa dan guru pria. Setiap minggunya, SMA Negeri 110 menghadirkan khatib dari dalam dan luar untuk mengisi ceramah Salat Jumat.