Friday, June 2, 2023

on

Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Jika kita mengenal Hari Kesaktian Pancasila, kita juga mengenal Hari Lahir Pancasila. Dua peringatan ini, selain memiliki tanggal yang berbeda, latar belakang sejarah dan makna peringatan kedua hari tersebut juga berbeda. Hari Lahir Pancasila diperingati pada tanggal 1 Juni, sementara Hari Kesaktian Pancasila diperingati pada tanggal 1 Oktober. 










Hari Lahir Pancasila berhubungan dengan momen perumusan dasar negara dalam sidang BPUPKI yang kemudian melahirkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Adapun Hari Kesaktian Pancasila berkaitan dengan momen pemberontakan Gerakan 30 September 1965 oleh PKI (G30S/PKI).

Di SMA Negeri 110 Jakarta, diadakan pula upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila. Walau berlangsung di tanggal merah, yaitu 1 Juni 2023, seluruh keluarga besar sekolah (guru, murid, dan karyawan) turut hadir dalam kegiatan tersebut. Yang menarik adalah, seluruh peserta menggunakan pakaian daerah masing-masing.

Bertindak sebagai pembina upacara dalam kegiatan kali ini adalah Bapak Sriyono, M.Pd., M.Si. dan petugas upacara dari tim OSIS sekolah. Pengiring bendera dan paduan suaran diambil dari anggota ekskul Paskibra dan tim paduan suara sekolah. Secara keseluruhan, upacara berlangsung dengan lancar dan dapat berjalan dengan khidmat.