Wednesday, October 4, 2023

on

Pelaksanaan P5: Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS 2023

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada semester ganjil tahun pelajaran 2023-2024 kali ini mengangkat tema Suara Demokrasi dan Bhinneka Tunggal Ika, dengan pelaksanaan kegiatan berupa Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS bagi siswa kelas X (Fase E). Projek ini juga pernah dilaksanakan di periode sebelumnya, namun untuk pelaksanaan di tahun ini ada beberapa penambahan aktivitas, seperti melibatkan juga pemilihan ketua MPK.

Beberapa kelas dibagi menjadi beberapa tim dengan pembagian-pembagian tugas tertentu, sehingga proses P5 diharapkan akan jadi lebih bermakna. Pada pelaksanaan P5 suara demokrasi tahun lalu, siswa hanya menjadi panitia pelaksana kegiatan pemilihan Ketua OSIS. Pada kali ini, masing-masing kelas dibagi menjadi 3 tim sukses kampanye dari masing-masing pasangan calon (paslon) dan 1 kelas sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Adapun acara puncak berlangsung pada Hari Rabu, tanggal 3 Oktober 2023 dan dilaksanakan di areal lapangan dalam sekolah. Berbagai logistik telah disiapkan, seperti penyiapan daftar hadir pemilih, pemberian kertas surat suara, persiapan bilik suara tempat menggunakan hak pilih, dan persiapan tempat memasukkan surat suara yang sudah dicoblos, contreng. Hal ini menjadi tanggung jawab panitia pemilu OSIS dan 1 kelas yang berfungsi sebagai KPPS.

Adapun kelas yang berfungsi sebagai timses paslon membuat berbagai kampanye dalam bentuk cetak dan digital untuk mendukung masing-masing paslon yang mereka usung. Berbagai desain poster disiapkan di media sosial dan juga ditempel di mading-mading sekolah. Mereka juga menyiapkan bahan orasi dan yel-yel kampanye yang dipresentasikan di tiap-tiap kelas selama periode kampanye dalam waktu yang telah ditentukan jadwalnya.

Kemudian, agar tema Bhinneka Tunggal Ika dapat diterapkan dalam kegiatan P5 kali ini ditunjukkan dengan para siswa, guru, dan pegawai yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah, sehingga tidak terdapat intoleransi dan diskriminasi. Pakaian adat masing-masing ini juga menunjukkan masyarakat multikultural yang demokratis, sehingga dimensi profil pelajar Pancasila Berkebinekaan Global dapat diwujudkan.

Setelah selesai proses pencoblosan, diadakan penghitungan suara dan dilanjutkan dengan penetapan pemenang Ketua dan Wakil Ketua OSIS terpilih. Selanjutnya, Ketua dan Wakil Ketua OSIS terpilih memberikan pidato sambutan dan ucapan terima kasih. Setelah kegiatan pemilihan, dilaksanakan acara penampilan kreasi seni tari, penampilan musikalisasi puisi, paduan suara, bernyanyi, penampilan musik band baik dari siswa maupun guru.