Wednesday, May 8, 2024

on

Kunjungan dari Negara-negara GPE Asia ke SMAN 110 Tahun 2024

Sehubungan dengan penyelenggaraan Global Partnership for Education (GPE) Asia and Pacific Constituency Meeting pada 6 s.d. 8 Mei 2024 di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, negara-negara peserta GPE meminta agar dapat melihat secara langsung praktik baik dari negara tuan rumah, yakni Indonesia.

SMA Negeri 110 Jakarta menjadi sekolah yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk menerima delegasi dari negara mitra GPE. Kunjungan dilaksanakan pada Hari Rabu, tanggal 8 Mei 2024 pukul 08:30 — 12:30 WIB dan menjadi ajang bagi para delegasi negara luar untuk mempelajari praktik baik dari Indonesia, terutama dalam hal implementasi program Merdeka Belajar.

Adapun negara yang hadir berasal dari Bangladesh, Bhutan, Kamboja, Fiji, Indonesia, Kiribati, Lao:PDR, Maladewa, Kepulauan Marshall, Negera Federasi Mikronesia, Mongolia, Nepal, Pakistan, Papua New. (Guinea, Filipina, Samoa, Kepulauan Solomon, Sri Lanka, Timor Leste, Tonga, Tuvalu, Vanuatu, dan Vietnam.

Indonesia sendiri telah terdaftar sebagai anggota GPE sejak 13 Desember 2022. Kementerian Pendidikan, Kebudyaan, Riset dan Teknologi dan Kementerian Agama berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan sebagai Co-Chairs melalui Mitra Pendidikan Indonesia (MPI) GPE. Kemitraan ini bertujuan untuk mengakselerasi upaya transformasi pendidikan di Indonesia.