Friday, August 30, 2024

on

Kunjungan Fasilitator Sekolah Penggerak (FSP) 2024 dengan Tema Penguatan SDM

Pada Hari Jumat, tanggal 30 Agustus 2024, SMA Negeri 110 Jakarta mendapat kunjungan dari Fasilitator Sekolah Penggerak (FSP) sekolah, Ibu Featy Octaviany, M.Pd.. Pada kesempatan kali ini, Ibu Featy menyampaikan materi esensi menjadi seorang pendidik, dengan tema Pembinaan sumber daya manusia (SDM). Acara berlangsung di ruang guru dan dibuka oleh Kepala Sekolah, Bapak Sriyono, M.Pd., M.Si., M.A..

Read more ...

Thursday, August 29, 2024

on

Uji Coba Antioksidan di Laboratorium Integrasi Kimia Universitas Pertamina

Dua orang siswa dari SMA Negeri 110 Jakarta, Nabilla Dwi Wardani dan Renata, melakukan uji coba aktivitas antioksidan di Laboratorium Integrasi Kimia, Universitas Pertamina. Hal ini dilakukan untuk menunjang penelitian OLIMPIADE PENELITIAN SISWA INDONESIA (OPSI) yang mereka berdua sedang ikuti. Adapun Ibu Wulan Mauliatul Hikmah dan Ibu Drs. Nursamsiah, M.Pd. (guru mapel Kimia) membimbing dan mendampingisi siswa dalam melakukan pengambilan data uji coba. Kegiatan berlangsung pada Hari Kamis, tanggal 29 Agustus 2024 dan dilaksanakan di Universitas Pertamina, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
Read more ...
on

Seminar Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah 2024

Pada Hari Kamis, tanggal 29 Agustus 2024, SMA Negeri 110 melaksanakan kegiatan seminar kepada para siswa dengan mengangkat tema Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah. Kegiatan berlangsung di ruang aula sekolah dan diikuti oleh perwakilan siswa dari tiap kelas. Adapun yang bertindak sebagai narasumber adalah Ibu Rani Kurnia Agustini dari Departemen Lingkungan Hidup. Seminar ini sendiri dilaksanakan dalam langka implementasi Sekolah Adiwiyata di SMA Negeri 110 Jakarta, yang sebelumnya telah dinyatakan sebagai sekolah dengan predikat Adiwiyata Mandiri 2024.
Read more ...
on

Sosialisasi KJP Plus di Masjid Sekolah Tahun 2024

Pada Hari Kamis, tanggal 28 Agustus 2024, SMA Negeri 110 Jakarta melaksanakan kegiatan sosialisasi Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus kepada para siswa di sekolah. Acara berlangsung di Masjid Miftahul Ulum dengan narasumber dari Petugas Tata Usaha sekolah yang mengurus KJP, Bapak Reinaldi Ikhwan Maeresti. Sebelum dimulai, kegiatan dibuka dengan kata pengantar dari Ibu Heni Irmawati, S.E., selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan.

Adapun siswa yang berhak menerima KJP Plus harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Peserta didik dengan usia 6-21 tahun.
  • Terdaftar sebagai peserta didik pada satuan pendidikan negeri atau swasta di DKI Jakarta.
  • Memiliki NIK sebagai penduduk DKI Jakarta dan berdomisili di DKI Jakarta.
  • Memenuhi kriteria khusus sebagai penerima bantuan sosial.
  • Terdaftar dalam DTKS.
Read more ...

Saturday, August 24, 2024

on

Perwakilan Siswa Kelas XII Ikuti Campus Tour Binus Tahun 2024

Perwakilan siswa kelas XII dari SMA Negeri 110 Jakarta mengikuti kegiatan "GLOBALICIOUS 2024", sebuah tur kampus yang diselenggarakan oleh BINUS University. Acara berlangsung pada Hari Sabtu, tanggal 24 Agustus 2024, pukul 07.00 s.d. 15.00 WIB di Kampus Binus Kemanggisan (Kampus Anggrek), Jakarta Barat. Pada kesempatan ini, mereka mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia, di antaranya adalah Pameran Program, Tur Kampus, Photobooth, Penampilan, Kompetisi Seru, Talkshow, dan Peluncuran Program Baru.
Read more ...

Friday, August 23, 2024

on

Training Motivasi Peningkatan Prestasi dan Mencintai Lingkungan

Pada Hari Jumat, tanggal 23 Agustus 2024, SMA Negeri 110 Jakarta mengadakan kegiatan training motivasi bagi siswa kelas XI dengan materi tanggung jawab, integritas, peningkatan prestasi, dan mencintai lingkungan. Kegiatan ini berlangsung di Masjid Miftahul Ulum (Masjid Sekolah) dengan pembicara Ibu Jannah. Turut hadir pula Ibu Heni Irmawati, S.E. selaku wakabid Kesiswaan, Ibu Rizky Mutiara, S.Pd. (staf Sarpras), dan Ibu Wuryaningsih, S.Pd. (staf Akademik/Kurikulum). Acara ditutup dengan sesi tanya jawab dan pemberian kesimpulan kepada para peserta.
Read more ...

Tuesday, August 20, 2024

on

Carla Setya Nurhaliza Raih Juara 3 Lomba Karya Ilmiah Jakarta Utara Dinas Keolahragaan 2024

Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, perwakilan siswa dari SMA Negeri 110 Jakarta berhasil meraih Juara 3 Lomba Kayar Ilmiah tingkat Jakarta Utara yang diselenggarakan oleh Dinas Keolahragaan tahun 2024. Siswa tersebut adalah Carla Setya Nurhaliza dari kelas XII-G t.a. 2024-2025 yang memberikan paparan hasil penelitiannya pada Hari Selasa, tanggal 20 Agustus 2024 di Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Balai Yos Sudarso Lantai 3.
Read more ...

Saturday, August 17, 2024

on

Upacara Peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia Tahun 2024 di Kantor Walikota Jakarta Utara

Sebanyak 6 (enam) orang perwakilan siswa dari SMA Negeri 110 Jakarta mengikuti kegiatan Upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024. Acara berlangsung di Kantor Walikota Jakarta Utara, Jalan Yos Sudarso No. 27-29, Kel. Kebon Bawang, Kec. Tanjung Priuk. Upacara dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol. Gidion Arif Setyawan, dan Wakapolres Metro Jakarta Utara, AKBP Wahyudi.
Upacara Peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia Tahun 2024 di Kantor Walikota Jakarta Utara
Upacara Peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia Tahun 2024 di Kantor Walikota Jakarta Utara
Upacara Peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia Tahun 2024 di Kantor Walikota Jakarta Utara
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Walikota Administrasi Jakarta Utara, dengan jumlah peserta sekitar 500 orang. Bapak Dr. Ali Maulana Hakim, Walikota Jakarta Utara, memimpin jalannya upacara dengan penuh khidmat sebagai Inspektur Upacara. Dari sekolah, siswa yang mengikuti adalah Adam Febrian, Hamdan, Muhamad Billal, Silvia Zakia Zahara, Zahwa Awalia Cahaya, dan Salsabillah.
Read more ...

Friday, August 16, 2024

on

Upacara Peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia Tahun 2024

Pada Hari Sabtu, tanggal 17 Agustus 2024, seperti biasa bangsa kita memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Pada kesempatan kali ini, SMA Negeri 110 Jakarta turut melaksanakan kegiatan upacara bendera yang dilaksanakan di area lapangan dalam sekolah. Seluruh peserta upacara, baik itu siswa, guru, dan karyawan, mengenakan pakaian sadariah dan encim yang merupakan ciri khas daerah DKI Jakarta (pakaian khas Betawi).
Bertindak sebagai pembina dalam upacara kali ini, Kepala Sekolah Bapak Sriyono, M.Pd., M.Si., dan Bapak Drs. Sarwin, M.Pd. yang bertugas sebagai pemimpin upacara. Bapak Drs. Iwan Subagio bertugas sebagai pembaca teks proklamasi, Ibu Kristina Marlina Susanna Hutagalung, S.Pd. bertugas sebagai pembaca Pembukaan UUD 45, dan Bapak Drs Edi Mawardi sebagai pembaca doa. Tim paduan suara berasal dari para siswa anggota ekskul padus.
Foto kegiatan selengkapnya dapat dilihat di tautan berikut.
Read more ...

Thursday, August 15, 2024

on

Pengukuhan Paskibra SMA Negeri 110 Tahun 2024

Pada Hari Jumat, tanggal 16 Agustus 2024, anggota kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) Paskibra SMA Negeri 110 Jakarta melaksanakan kegiatan pengukuhan anggota Paskibra yang berlangsung di ruang aula sekolah pada pukul 13.00 s.d. selesai. Setelah dikukuhkan, para anggota Paskibra membacakan Ikrar Putra Indonesia, disusul dengan penyematan lencana Merah Putih Garuda (MPG) dan Kendit.
Turut hadir pula guru pendamping Ibu Heni Irmawati, S.E., selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan dan Humas, Ibu Duryati, M.Si., selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Bapak Aviantoro, M.Pd., selaku staf Akademik (Kurikulum), Ibu Haerul Awaliyah, S.Pd. selaku staf Sarana Prasarana.
Read more ...

Wednesday, August 14, 2024

on

Upacara Pramuka ke-63 Tahun 2024 di Cibubur

Total 10 orang perwakilan siswa dari SMA Negeri 110 Jakarta mengikuti kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Pramuka yang ke-63. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 14 Agustus 2024 pukul 07:00 WIB s.d. selesai oleh Kwartir daerah DKI Jakarta dan berlangsung di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur. Turut hadir dalam upacara ini Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak Ma'aruf Amin. Upacara dibuka dengan pidato oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.
Selain siswa, Bapak Juni Dwi Anggoro, S.Pd. juga turut hadir mendampingi para siswa. Berikut ini daftar nama siswa/i yang mengikuti kegiatan upacara tersebut:

Putra:
RAFLY ZULYZHAR X-A(10929)
KRISTIANO DIPPU PRARAMA X-C(10888)
ADAM FEBRIAN X-A(10816)
MUHAMMAD HASBI AINURRIZKI(11065)
GIRINDRA MAGANDHI FANET XI-D (10660)

Putri:
Adela Cania Septianti XII-E (10168)
Zahwa Awalia Cahaya XII-E (10443)
Tiara Aulia supratu XI-D (10760)
Latisha Aranita Az-Zahra X-G (10967)
Sella Jessica X-B (10947)

Read more ...

Tuesday, August 13, 2024

on

Upacara Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024

Hari Pramuka di Indonesia diperingati setiap tanggal 14 Agustus, di mana di tanggal yang sama di tahun 1961 dilakukan peresmian Gerakan Pramuka. Karenanya, SMA Negeri 110 Jakarta turut melaksanakan kegiatan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pramuka yang ke-63 tahun 2024.
Kegiatan upacara berlangsung di area lapangan dalam sekolah dengan pembina upacara Kepala SMA Negeri 110, Bapak Sriyono, M.Pd., M.Si.. Pada kesempatan kali ini, siswa yang menjadi petugas upacara adalah perwakilan anggota dari tim Ekstrakurikuler Pramuka SMA Negeri 110.
Read more ...

Sunday, August 11, 2024

on

Tabur Bunga dalam Rangka Peringati Hari Pramuka ke-63

Perwakilan siswa kegiatan ekstrakurikuler Pramuka SMA Negeri 110 Jakarta mengikuti kegiatan tabur bunga di geladak Heli KRI Dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 (KRI RJW-992), yang saat ini tengah sandar di Dermaga Mako Kolinlamil (perairan teluk Jakarta). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pramuka yang ke-63 tahun 2024. Acara ini diselenggarakan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut (AL).


Kegiatan diawali dengan upacara dan dilanjutkan prosesi tabur bunga dari atas kapal dipimpin oleh Kak Mayjen TNI (Purn) Yuniar Ludfi, Waka Kwarnas/Kakom Saka, Sako, dan Gugus Darma. Hadir perwakilan dari Kwarnas antara lain Kak Prof. Dr. Sri Puryono, Waka Kwarnas/Kakom Binawasa, Kak Dr. Joko Mursito, MSi, Waka Kwarnas/Kakom Renbang, Andalan nasional ada kak Sunarto, Kak Sukro, DKN, dan, staf kwarnas, serta 260 pramuka peserta jamnas.



Selesai upacara, para peserta diberikan materi tentang KRI, Kebaharian, dan pemutaran film profil TNI Angkatan Laut. Pelaksanaan kegiatan tabur bunga di laut bertujuan mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang gugur. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, semangat nasionalisme generasi muda dapat tumbuh, sekaligus meneladani patriotisme dan semangat pantang menyerah dari para pahlawan.


Read more ...

Saturday, August 10, 2024

on

LOKETA 2024: Meningkatkan Keterampilan Agama di Sekolah

Dua hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2024, yang jatuh pada hari Rabu dan Kamis. SMA Negeri 110 Jakarta mengadakan kegiatan istimewa bertajuk LOKETA, yang merupakan singkatan dari Lomba Keterampilan Agama. LOKETA adalah sebuah acara rutin yang diprakarsai oleh siswa/i anggota ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) dengan bimbingan Bapak Albert, guru Agama Islam di sekolah ini. Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam di bulan Muharram, dalam kalender Hijriah.
Kegiatan LOKETA diikuti oleh seluruh siswa/i SMAN 110 Jakarta dan mencakup berbagai macam lomba yang menarik dan edukatif. Beberapa lomba yang diadakan meliputi lomba adzan, lomba fashion show dengan tema tokoh-tokoh Islam, lomba Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ), lomba kaligrafi, dan lomba cerdas cermat Islami. Setiap lomba dirancang untuk meningkatkan pengetahuan agama sekaligus memperkuat kreativitas dan kekompakan antar siswa.
Dalam kegiatan ini, saya turut berpartisipasi dengan membantu teman saya, Diva Alifah Bilqis, dalam lomba fashion show yang mengangkat tema Safiyyah binti Abdul Muttalib, seorang wanita mulia dalam sejarah Islam. Saya memberikan ide serta bantuan dalam pembuatan properti kuda-kudaan yang digunakan dalam lomba tersebut, yang dikerjakan oleh Rizky Octa Ramang Putra.
Secara keseluruhan, kegiatan LOKETA ini memberikan banyak manfaat bagi seluruh peserta. Selain menambah pengetahuan agama, acara ini juga mempererat tali persaudaraan antar siswa. Kesan saya pribadi sangat positif, karena melalui kegiatan ini saya bisa berkontribusi secara langsung dalam acara yang bermanfaat. Harapan saya ke depannya, LOKETA bisa terus diadakan setiap tahunnya dengan konsep yang semakin menarik dan inovatif, serta melibatkan lebih banyak siswa dalam berbagai kegiatan yang kreatif dan mendidik.
 
 
Diliput oleh
Ananda Rakhmadani
Read more ...

Friday, August 9, 2024

on

Pelaksanaan LDKS 2024

SMA Negeri 110 Jakarta melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) pada tanggal 02, 03, dan 09 Agustus 2024. Bagi Anda yang belum tahu, LDKS adalah program pelatihan intensif yang dirancang untuk mengembangkan potensi kepemimpinan siswa di tingkat sekolah menengah atas. Tujuan utama dari kegiatan LDKS ini adalah membekali peserta dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang efektif dan bertanggung jawab. Rosalinda selaku Ketua Pelaksana LDKS dari siswa mengatakan bahwa LDKS memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah meningkatkan percaya diri ketika berbicara di depan umum dan mengambil inisiatif, mengembangkan keterampilan dalam berkomunikasi, bernegosiasi, dan memimpin tim, serta yang tak kalah penting adalah pengalaman berharga yang tak terlupakan dan memberikan motivasi untuk terus belajar dan berkembang di sekolah maupun di lingkungan sekitar. Adapun pemateri dalam kegiatan ini adalah Ibu Sri Lestari Setiati S.E., Bapak Drs. H Mujahid Halim, dan Ibu Jannatul Ma'wah. Sementara itu, Ibu Maemunah Yani Nuraini, S.Pd. menjadi pendamping siswa dalam kegiatan kali ini.
Read more ...

Wednesday, August 7, 2024

on

Hasil Seleksi Mutasi Siswa Semester Ganjil Tahap 3 Tahun 2024/2025

Assalamualaikum, salam sejahtera.
Sehubungan dengan telah dilaksanakannya kegiatan seleksi mutasi siswa semester ganjil tahap 3 tahun ajaran 2024-2025, berikut ini disampaikan hasil mutasi semester ganjil tahun pelajaran 2024-2025.
Read more ...

Sunday, August 4, 2024

on

Informasi Mutasi Semester Ganjil T.A. 2024-2025 Tahap 3

Menindaklanjuti surat Edaran dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nomor 13/SE/2024, Tanggal 1 Juli 2024, Tentang Perpindahan Peserta Didik Semester ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025, maka kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Peserta Didik yang berasal dari dalam dan luar DKI Jakarta dapat mengikuti kegiatan Perpindahan Peserta Didik;
  2. Daya Tampung dan Formasi Kelas serta Materi Seleksi terlampir
  3. Jadwal Kegiatan terlampir
  4. Persyaratan terlampir
  JADWAL KEGIATAN
NO Kegiatan Tanggal dan Waktu Tempat
1 Pengumuman Daya Tampung dan Formasi Kelas 5 dan 6 Agustus 2024 Pos Satpam dan Media Sosial SMAN 110 Jakarta
2 Pendaftaran secara tatap muka (luring) 5 dan 6 Agustus 2024 Ruang Aula SMAN 110 Jakarta
3 Pengarahan Kepala Sekolah 7 Agustus 2024 Ruang Aula SMAN 110 Jakarta
4 Seleksi Akademik 7 Agustus 2024 Ruang Aula SMAN 110 Jakarta
5 Pengumuman 8 Agustus 2024 Pos Satpam, web sekolah, dan akun media sosial SMA Negeri 110 Jakarta
6 Lapor Diri 9 Agustus 2024 Ruang Wakil Kepala Sekolah SMAN 110 Jakarta
  INFORMASI DAYA TAMPUNG Kelas XI = 3 orang (Kurikulum Merdeka) Kelas XII = 2 orang (Kurikulum Merdeka)   PERSYARATAN Syarat Umum
  1. Fotokopi Ijazah SMP yang telah dilegalisasi (legalisir);
  2. Fotokopi Rapor SMA yang telah dilegalisasi (legalisir) dan menunjukkan Rapor asli;
  3. Fotokopi Sertifikat Akreditasi dari sekolah asal;
  4. Surat permohonan dari orang tua tentang perpindahan masuk peserta didik SMAN 110 Jakarta bermeterai Rp. 10.000,- ke Kepala Sekolah SMAN 110 Jakarta;
  5. Surat Keterangan Pindah dari sekolah asal, diketahui Suku Dinas Pendidikan setempat bagi peserta didik yang sekolah asalnya berada di dalam DKI Jakarta, atau Surat keterangan pindah dari sekolah asal, diketahui Dinas Pendidikan provinsi setempat bagi peserta didik yang sekolah asalnya berada di luar DKI Jakarta;
  6. Fotokopi surat izin operasional / pendirian satuan pendidikan bagi Peserta Didik yang berasal dari sekolah swasta;
  7. Surat keterangan bahwa peserta didik yang bersangkutan tidak sedang menjalani sanksi karena melakukan pelanggaran tata tertib di sekolah asal;
  MATERI SELEKSI UJIAN
No Program Materi
1 Kelas XI Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika IPA IPS
2 Kelas XII Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika Mapel Pilihan
Bobot penilaian seleksi:
  • 40% Raport
  • 60% Hasil Test
  Catatan
  • Peserta didik yang sudah lapor diri dinyatakan “SAH” menjadi peserta didik SMA Negeri 110 Jakarta Tahun Pelajaran 2024/2025, apabila telah melengkapi persyaratan sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta nomor Nomor 13/SE/2024.
  • Proses perpindahan peserta didik semester ganjil T.A. 2024-2025 tidak dipungut biaya.
Read more ...

Friday, August 2, 2024

on

Webinar Optimalisasi Asisten Guru PMM dari Komunitas Belajar SMAN 110

Pada Hari Jumat tanggal 2 Agustus 2024, Komunitas Belajar SMA Negeri 110 melaksanakan kegiatan webinar daring (online) bertajuk "Optimalisasi Asisten Guru dalam PMM untuk Administrasi Pembelajaran di Sekolah". Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Acep Mahmudin, S.Pd., M.Si., selaku Kasi SMP SMA Sudin Pendidikan Jakarta Utara Wilayah 2 dan diikuti oleh pengantar Bapak Sriyono, M.Pd., M.Si.
Pada webinar kali ini, Ibu Duryati, S.Pd., M.Si. selaku Wakil Bidang Akademik (Kurikulum) dari SMA Negeri 110 Jakarta bertindak sebagai pemateri. MC pada webinar kali ini adalah Ibu Eva Hasanah, S.Pd. dan dibantu oleh Ibu Haerul Awaliyah yang bertugas sebagai moderator acara. Acara ini sendiri dilaksanakan menggunakan platform Google Meet dan berlangsung dari pukul 13.00 s.d. 15.00 WIB.
Read more ...