Friday, November 25, 2022

on

Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI di SMA Negeri 110 Tahun 2022 Berlangsung Meriah

Peringati Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI yang dilaksanakan di SMA Negeri 110 Jakarta pada tanggal 25 November tahun 2022 diawali dengan pelaksanaan upacara bendera. Para guru dan pegawai tampak berbahagia dan para siswa penuh semangat. Peringatan Hari Guru tahun ini kelihatan berbeda karena berdasarkan instruksi Dinas Pendidikan melalui surat edarannya, disebutkan bahwa para guru tidak mengenakan pakaian seragam batik PGRI, tetapi mengenakan pakaian adat tradisional. Lain halnya dengan para petugas upacara, para guru tetap mengenakan pakaian seragam batik PGRI.


Selaku pembina upacara, Kepala SMA Negeri 110 Bapak Sriyono, M.Pd., M.Si. dalam sambutannya memuji dan memberikan apresiasi kepada para petugas upacara yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Peserta upacara pun dikatakan oleh kepala sekolah sangat tertib, semangat, dan antusias. Pada sambutan itu pula Pembina Upacara membacakan sambutan Mendikbud Ristek yang memberikan apresiasi terhadap kinerja, dedikasi, loyalitas, dan pengabdian guru yang sangat besar. Pada sambutan tersebut juga disampaikan tentang implementasi Kurikulum Merdeka dan penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), program Guru Penggerak, dan Program Sekolah Penggerak yang telah berjalan dengan progres yang baik.

Setelah upacara selesai, dilakukan pemotongan tumpeng, pelepasan balon ucapan selamat hari guru, pemberian penghargaan dari sekolah kepada guru, serta pemberian cinderamata dari pengurus komite sekolah dan orang tua siswa kepada para guru dan pegawai. Para siswa juga tidak mau ketinggalan dengan memberikan cindera mata dan bunga kepada para gurunya dan beberapa hadiah kado kepada wali kelas masing-masing sebagai tanda penghormatan, kasih sayang, dan ucapan terima kasih atas bimbingannya. Sebagai upaya untuk memeriahkan acara, juga diadakan kegiatan kreativitas seni yang dikordinir oleh OSIS dan MPK SMA Negeri 110 Jakarta. Setelah itu, Para perwakilan orang tua siswa yang berkolaborasi dengan pengurus komite sekolah menjamu para guru dan pegawai untuk makan bersama dan ramah tamah di ruang Aula.

Setelah berakhirnya upacara di sekolah, Kepala Sekolah langsung bergegas menuju Kantor Suku Dinas Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Utara untuk mengikuti upacara bendera bersama seluruh kepala sekolah lainnya, pejabat, dan pegawai Suku Dinas Pendidikan wilayah 2 Jakarta Utara. Dalam kesempatan tersebut Kepala Suku Dinas Pendidikan wilayah 2 Jakarta Utara Bapak Drs.Purwanto, M.Pd. memberikan hasil informasi lomba antarsekolah se-wilayah Jakarta Utara 2. Alhamdulillah, puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, SMA Negeri 110 Jakarta meraih Juara 1 Lomba perpustakaan, juara 2 lomba UKS, dan juara harapan 1 lomba pengelolaan kantin sehat.

Sekembalinya Kepala Sekolah dari Sudin Wilayah 2 Jakarta Utara yang membawa kabar predikat juara dalam beberapa lomba tersebut, beliau langsung bergabung di ruang Aula SMA Negeri 110 dan mengikuti ramah tamah dan makan bersama. Dalam kesempatan tersebut beliau juga mengucapkan terima kasih kepada para perwakilan orang tua siswa, pengurus komite sekolah, pengurus, dan panitia dari siswa serta panitia dari guru yang dikomandoi oleh Bapak Fajar Hirbariadi. Kegiatan berlangsung hangat, terlebih dalam suasana peringatan hari guru karena Bapak Fajar merupakan guru dari Kepala Sekolah semasa SMA, sebelum dirotasi ke SMA Negeri 110 (Bapak Sriyono merupakan murid dari Bapak Fajar Hirbariadi semasa SMA sebelum pindah tugas ke SMA Negeri 110 Jakarta).

Di luar upacara dan acara ramah tamah, Kepala SMA Negeri 110 juga memberikan ucapan selamat hari guru melalui video secara daring. Kegiatan kreativitas seni siswa di panggung sekolah tetap berlangsung dengan pembacaan puisi, tari tradisional dan modern, paduan suara, musikalisasi puisi, penampilan drama, solo vocal, dan penampilan Band siswa serta guru. Acara berlangsung meriah dan penuh keharuan serta kebahagiaan terpancar pada wajah keluarga besar SMA Negeri 110 Jakarta