Thursday, August 31, 2023

on

Pelatihan Pembelajaran Terdiferensiasi Tahun 2023

Pada Hari Jumat, tanggal 1 September 2023, pukul 13.00 s.d. 15.00 WIB SMA Negeri 110 melaksanakan kegiatan pelatihan Pembelajaran Terdiferensiasi bagi para guru dengan fasilitator Ibu Featy Octaviany, M.Pd.. Beliau juga merupakan pendamping Sekolah Penggerak selama menerapkan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 110. Kegiatan pelatihan berlangsung di ruang aula dan diikuti oleh seluruh guru mata pelajaran.
Bagi Anda yang belum tahu, pembelajaran terdiferensiasi merupakan pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa secara individu. Pembelajaran terdiferensiasi tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran, tapi ia juga fokus pada proses dan konten/materi. Contoh pembelajaran terdiferensiasi dapat dilihat pada gaya belajar peserta didik yang berbeda-beda. Ada pembelajar visual, auditori, dan kinestetik.
Seorang pembelajar visual tentu dapat dengan mudah memperoleh pengetahuan baru melalui representasi visual dari topik pelajaran tertentu. Di sisi lain, pembelajar auditori akan lebih mampu memahami topik secara lebih baik, ketika ia mendengarkan melalui audio atau penjelasan lisan dari guru. Sedangkan pembelajar kinestetik, seorang siswa akan lebih cepat memahami ketika ia dapat berpartisipasi secara fisik dalam proses pembelajaran.